-->

Sejarah Jamrud Dari Mulai Ikut Festival Log Zhelebour

Jamrud adalah band Rock Metal yang berasal dari Indonesia, Sejarah mencatat pertama kali band ini terbentuk pada tahun 1984 di Cimahi, Jawa Barat dengan nama awalnya adalah Jamrock. Sebelum menjadi Jamrud formasi awal Jamrock terdiri dari : Azis mangasi siagian (Gitar), Agus (Drum), Ricky teddy(Bass), Oppi(Vokal) Jamrud band dikenal sebagai grup musik yang paling sukses mengusung musik cadas atau rock metal sebagai musik yang populer di Indonesia di tahun 1990-an.
Sejarah Jamrud Dari Mulai Ikut Festival Log Zhelebour

Sejarah musik rock mencatat bahwa jamrud ini mengalami beberapa kali pergantian padanya personil,Budhy haryono mantan drummer dari GIGI band juga pernah ikut bergabung dengan Jamrock. dan formasi Jamrock ini akhirnya terbentuk menjadi sangat populer dikenal oleh para penggemarnya di era 90-an dengan personil yaitu:

1. Azis MZ / mangasi siagian (Gitar)
2. Ricky teddy (Bass)
3. Anto krisyanto (Vokal)
4. Fitrah alamsyah (Gitar2)
5. Sandy handoko (Drum)

Jamrock ( Cikal Bakal Jamrud ) menjadi grup musik yang mengusung aliran musik Rock yang sukai banyak orang di seputar daerah Bandung. Pada saat itu mereka kebanyakan mengcover lagu musik cadas dari band lain yang telah mempunyai nama.

Pamor jamrud ( Jamrock ) ini semakin meningkat saat Krisyanto ( vokal ), Fitrah Alamsyah (gitar) dan juga Sandhy Handoko (drum) telah bergabung dengan Jamrock. Krisyanto sendiri pernah meraih predikat Vokalis Rock Terbaik versi festival rock se-Bandung.

Puas mengcover lagu orang lain, di tahun 1995 jamrud yang di di isi personil Azis, Ricky, Krisyanto, Fitrah dan Sandhy ini mulai menulis materi dari lagu mereka sendiri dan juga merekam demo mereka. Mereka juga menawarkan rekaman demo tersebut ke label Log Zhelebour atau yang biasa disebut Log dan juga memberi sambutan hangat.

Tak lama kemudian Jamrock kemudian untuk pertama kali mendapat kontrak untuk rekaman dan juga bergabung dengan label rekaman milik Log, yaitu dengan Logiss Records. Dengan masuknya mereka ke dalam label rekaman yang di milik Log, nama Jamrock itu pun diubah menjadi Jamrud. Alasan kenapa nama Jamrock diganti menjadi Jamrud karena untuk menghindari permasalahan dikemudian hari dan juga terasa lebih enak didengar di telinga.

Jamrud secara musik dan juga penampilan di bawah asuhan label rekaman Log Zhelebour tersebut menjadi matang di dunia musik rock. Dari penjualan album Nekad (1996) Jamrud band ini meraih angka penjualan sekitar 150 ribu keping dalam waktu yang singkat.

Kesuksesan Jamrud dilanjutkan dengan album kedua mereka yaitu album Putri pada tahun 1997, yang angka penjualannya mencapai 250 ribu keping. Keuntungan besar dari penjualan album Jamrud ini terus berlanjut hingga mereka merilis album Terima Kasih di tahun 1998.

Album Terima Kasih Jamrud ini sangat populer pada generasi muda Indonesia saat itu, terutama dengan lagu yang berjudul Berakit-rakit dan Terima Kasih, sehingga album ini terjual hingga menyentuh angka 750 ribu keping pada saat itu. prestasi jamrud yang sangat luar biasa ini dari penjualan album musik cadas terutama di Indonesia pada tahun 90an, Jamrud band juga pernah mendapat anugerah penghargaan sebagai Group Band Rock Terbaik AMI Award pada tahun 1999.

Puncak kesuksesan untuk komersial Jamrud adalah di album Ningrat pada tahun 2000 yang mencatat sejarah angka penjualan yaitu sebanyak dua juta keping di Indonesia yang sangat populernya adalah single Pelangi di Matamu dan Surti-Tejo di Indonesia. Album Ningrat jamrud mencatat sejarah dengan meraih 5 anugerah penghargaan AMI Award pada tahun 2000 sungguh luar biasa untuk sebuah grup band cadas.

Kesuksesan album Ningrat jamrud membuat Log Zhelebour membawa mereka rekaman di Studio 301 Sydney di Australia dan juga merilis album Sydney 090102 pada tahun 2002. dengan mencatat penjualan yang cukup fantastis dengan laku hampir satu juta keping dengan lagu hits jamrud Selamat Ulang Tahun dan Waktuku Mandi.

Yang sampai saat ini masih sangat populer dan dinyanyikan oleh setiap orang saat merayakan hari ulang tahun. Album Sydney 090102 ini meraih anugerah penghargaan untuk Grup Rock Terbaik AMI Award 2002 dan Gen-B 2002, Jamrud sendiri masih merajai industri rekaman musik dan juga di industri pertunjukan dengan honor yang bilang sangat termahal.

Kesuksesan yang jamrud raih tak lepas dari sebuah kejadian yang tak terduga. Pada bulan Agustus tahun 1999, Fitrah Alamsyah  (Gitar2) meninggal dunia karena overdosis obat-obatan terlarang dan juga disusul oleh Sandy Handoko (Drum) yang meninggal pada bulan Oktober tahun 2000.

Berita kematian dari personil jamrud ini menggemparkan industri musik rock Indonesia pada masa tersebut. Posisi Sandy Handoko (Drum) kemudian digantikan sementara oleh Suherman Husin. Sementara untuk Fitrah Alamsyah pada formasi guitar 2 tidak digantikan oleh siapapun.

Karena,sebelum Kematiannya, Fitrah Alamsyah berpesan, "Jika aku mati, kalian tidak boleh menggantikan aku (dalam satu formasi)". Jadi, selama drum dipegang oleh Herman, tidak ada gitaris yang Menggantikan sang almarhum Fitrah Alamsyah.

Sеtеlаh merilis Tujuh buаh аlbum, pada tаhun 2007 Krіѕуаntо Jаmrud ѕаng vоkаlіѕ mеngundurkаn diri dаrі bаnd dеngаn аlаѕаn ѕudаh jеnuh dan juga lеlаh dengan аktіvіtаѕ bermusiknya dі gruр bаnd jаmrud. ѕеlаng bebrapa tаhun kеmudіаn Krіѕуаntо mеrіlіѕ album solo pertamanya уаng berjudul Mimpi dі tahun 2009.

Pаdа tanggal 22 Mаrеt 2011, sang gіtаrіѕ Azis MS jamrud mеngungkарkаn kepada mаjаlаh Rolling Stоnе Indоnеѕіа bahwa hеngkаngnуа vоkаlіѕ Krisyanto аntаrа lаіn dіѕеbаbkаn оlеh keputusannya lаntаrаn penjualan аlbum Jamrud уаng ѕеmаkіn merosot, bukan kаrеnа kеjеnuhаn.

"Kаlаu setelah kеluаr tеruѕ dіа tіdаk beraktivitas dі muѕіk lаgі, ѕереrtі yang dia katakan, іtu mеmаng berarti dia іngіn break di dunіа musik. Tарі kаlаu іnі, sekian bulаn lаngѕung mеngеluаrkаn album, bеrаrtі mаu mencari іnсоmе уаng lebih. Cuma уаng jelas kalau ѕаtu аnggоtа band keluar dаn dia mеmbеntuk lagi, berarti ada kеtіdаkрuаѕаn dі bаnd ѕеbеlumnуа. Itu ѕаjа," kаtа Azis.
"Pаdаhаl раdа saat іtu аku bеrріkіr, tinggal tunggu ѕаjа. Sambil kami juga, istilahnya, break-lah, istirahat ѕеlаmа duа sampai tіgа tahun, kаrеnа kami jugа ѕudаh tur ѕеtіар tаhunnуа ke rаtuѕаn kоtа. Iѕtіlаhnуа kаmі juga bаgі-bаgі rezekilah ke bаnd lаіn. Kаn nggаk аdа salahnya. Sаmbіl menunggu tоh nggаk аkаn sampai kеlараrаn. Hanya ѕаjа mungkіn pemikiran dіа bеrbеdа. Mаkаnуа mungkіn dіа ingin mеndulаng еmаѕ lebih bаnуаk," lаnjut Azіѕ.

Setelah keluarnya Krisyanto, Jamrud langsung bergerak untuk merekrut personel yang baru. Tiga personel baru yang ditambah ke dalam band mereka. Mereka adalah Jaja Donald Amdonal (vokal) dia menggantikan Krisyanto, lalu Mochamad Irwan (Gitar 2) dan juga Danny Rachman (drum) menggantikan posisi Suherman.

Dengan formasi ini Jamrud telah merilis album terbaru yang bertajuk New Performance pada tahun 2009 yang dirilis di CiToS di daerah Jakarta tanggal 16 Maret 2009. Jamrud juga berencana akan merilis sebuah album kompilasi sebelum meraka melakukan Tour pada akhir tahun 2009.

Jamrud sudah bertekad untuk mengubah image agar para Jamers (panggilan pengemar Jamrud) tidak lagi untuk membandingkan Jamrud di era Krisyanto dengan Jamrud di era yang sekarang, perubahan memang pasti sangat mencolok dari konsep musik atau lagunya dan logo Jamrud juga lebih metal.

Log mеmbеrі judul Album Bumі & Lаngіt аtаu іѕtіlаh аlbum era lama dan baru seperti bumi dan lаngіt dіtаmbаh Mеnаngіѕ dі karena раѕtі аdа уаng bersedih tеrutаmа untuk pecinta Jamrud уаng fаnаtіk (Jamrud еrа Krіѕ). Jаmrud berubah ѕесаrа keseluruhan dengan rіѕіkо dіtіnggаlkаn Jаmеrѕ lаmа аtаu bаhkаn meraih tambahan dukungаn Jаmеrѕ baru уаng masih mudа dаn jugа уаng lаmа kаrеnа реrubаhаn konsep muѕіknуа.

Yang jelas album baru jamrud yang akan dirilis  pada tanggal 19 Maret 2011 secara musikalitas ini jauh lebih bagus dari album yang lama tapi apakah Jamers ini sudah siap untuk menghadapi perubahan itu? tapi menurut analisis dari Log Zhelebour yang sebagai executive producer, bahwa Jamrud ini sudah mencapai titik puncak karier sebagai grup band rock yang paling sukses sejak tahun 1996 sampai dengan tahun 2006 sehingga sudah tidak ada lagi yang ingin dikejar atau di capai lagi.

Dengan berubah secara total maka Jamrud akan punya tantangan baru yang harus dihadapi, baik dari hasil karyanya maupun untuk menghadapi tuntutan pasar anak muda zaman sekarang yang menginginkan bahwa Jamrud tidak hanya sekadar jualan lirik yang bagus tapi juga secara musikalitas mereka harus lebih bagus lagi.

Album Musik Rock Terlaris Sepanjang Sejarah


Menilik penjualan album Jamrud memang paling fenomenal dan terlaris sepanjang sejarah di antara group band rock lainnya dan Jamrud band sudah melakukan tour show besar-besaran di seratus kota lebih dengan nilai kontrak show antara 100-150 juta per show (hanya fee).
Sejarah Jamrud Dari Mulai Ikut Festival Log Zhelebour

Kalau mau melanjutkan formasi yang lama dari jamrud pun tidak akan bisa bertahan karena semua orang sudah jenuh melihat penampilan Jamrud karena sudah beberapa kali melakukan tour show sejak tahun 1999 s.d. 2006.

Pada saat itulah eksistensi Jamrud sebagai grup rock nomor satu yang di unggulkan melalui rekaman-rekamannya yang berhasil menguasai produk serupa lainnya. Album Jamrud seperti Nekad tahun (1996) yang terjual sekitar 150.000 kaset dan CD, Putri tahun 1997 terjual sekitar 300.000 kaset atau CD, Terima Kasih tahun 1999 terjual sekitar 800.000 kaset dan CD dan juga album jamrud Ningrat di tahun 2000, terjual sekitar 2.000.000 kaset dan CD.

sehingga jamrud meraih 5 penghargaan  kategori AMI Award di tahun 2001 bahkan membawa mereka bersama Log Zhelebour tentunya sudah melakukan tour tunggal di 120 kota yang di sponsori oleh Djarum. diundang tampil di negara Jepang dan juga negara Korea serta melakukan rekaman di negara Australia dan melahirkan Album Sydney 090102 (2002), terjual sekitar 1.000.000 kaset/CD.

Sedangkan Azis M. S. Jamrud dan Ricky Teddy Jamrud tetap ingin bertahan dengan merekrut musisi muda seperti Danny pada drum, Irwan di gitar, Donal pada vokal dan merilis album adaptasi Jamrud New Performance dan Best Of The Best. Bahkan untuk mendukung perubahan musik Jamrud yang lebih ganas dan penuh energi pada album barunya merekrut Iwan Vox sebagai vokalis pendamping Donal.

Pada bulan April 2011 Iwan Vox mengundurkan diri dari formasi Jamrud. Begitu juga dengan Donal vokalis yang juga mulai mengundurkan diri pada bulan Maret di tahun 2012, untuk bergabung dengan band komunitas yang sama dan ia juga membuat band baru yang pastinya di Jakarta, seperti yang dikutip oleh detik.com, "Aku masih akan di komunitas yang sama. Aku masih tetap akan berteman dengan mereka. Aku juga berencana pengen punya band baru. Kita saling mendukung."

Krisyanto Bergabung Kembali Ke Jamrud


Pada bulan September 2011 Krisyanto menyatakan secara resmi kembali ke formasi Jamrud mulai bulan Oktober 2011. Kehadiran sang vokalis Krisyanto bersuara sangat khas ini ditandai dengan perubahan di album terbaru Jamrud yang berjudul Bumi dan Langit Menangis yang dirilis kembali dengan judul baru Energi + Dari Bumi Dan Langit.

Dalam album ini ada tambahan satu lagu yang berjudul Ciiaat, jamrud mempunyai lagu andalan dalam album ini yang dibuat ulang video klipnya seperti lagu Shit, Cerita Usang dan Sik Sik Sibatumanikkam. Padahal, bulan Maret 2012 lalu, Donal vokal baru mengundurkan diri dari band ini, untuk bergabung ke band baru dengan komunitas yang sama yang jauh lebih nge-rock dari band ini.

Merilis Album Saatnya Menang

Jamrud pada Desember 2012 dengan formasi yang baru Krisyanto sebagai vokalis utama merilis album Saatnya Menang. Dan 11 lagu yang ada di album ini dibuatkan video klip oleh Log Zhelebour, diantaranya lagu yang diprediksi akan Hits Ajari Aku, Kau Jahanam, Aku Bajingan, Genggam Tanganku, dan Ingin Kembali. Jamrud band dalam waktu dekat juga akan merilis DVD Karaoke pada bulan september tahun 2013 yang berisi 15 video klip.

Personel dari Jamrud

1. Aziz Mangasi Siagian – guitar, Backing Vokal (1985-sekarang) keyboard, piano (2000-sekarang); Scream (2009-sekarang); Vokal (1984)
2. Ricky Teddy – bass (1984–sekarang)
3. Mochamad Irwan – guitar (2008–sekarang)
4. Danny Rachman – drum (2008–sekarang)
5. Krisyanto – Lead Vokal (1990-2007, 2011-sekarang)

Addtional Personel jamrud


  • Muh. Suryana – guitar (1999-2007)
  • Julianus – terompet (1999-2007)
  • Andri Hadiyono – terompet (1999-2007)


Mantan Personel jamrud

1. Budhy Haryono – drum (1984-1985 masih Jam Rock)
2. Yudi – gitar (1985 masih Jam Rock)
3. Ari – keyboard (1985 masih Jam Rock)
4. Oppi – vokal (1986-1988 masih Jam Rock)
5. Fitrah Alamsyah – guitar (1990-1999;meninggal dunia pada agustus 1999)
6. Shandy Handoko – drum (1990-2000;meninggal dunia pada oktober 2000)
7. Suherman Husin – drum (2000-2008), addtional drum (1999-2000)
8. Iwan Vox – vokal (2011)
9. Donal Dark – lead vokal (2008-2011)

Album studio jamrud

1. Nekad (1995)
2. Putri (1997)
3. Terima Kasih (1998)
4. Ningrat (2000)
5.Sydney 090102 (2002)
6. BO 18+ (2004)
7. All Access In Love (2006)
8. New Performance 2009 (2009)
9. Bumi & Langit Menangis (2011)
10. Energi + Dari Bumi & Langit (2012)
11. Saatnya Menang (2013)

Album kompilasi


  • The Best Collection of Jamrud (1999)
  • All The Best Slow Hits (2003)
  • Best Of The Best (2010)
  • Akustikan (2015)
  • 20 Years Greatest Hits (2016)
Sumber dari wikipedia

Subscribe to updates latest articles via email:

0 Response to "Sejarah Jamrud Dari Mulai Ikut Festival Log Zhelebour"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel